Bermain Monopoli Sambil Belajar Bahasa

05/27/2013 at 2:54 am Leave a comment

Mungkin sudah jarang anak muda yang bermain monopoli. Permainan yang identik dengan uang mainan itu. Lalu bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Jerman? Sri Ayu Habibah (Pb Jerman 2011) dan Dwi Yuni L (PB Jerman 2010) dibimbing Dra. Retno Endah SM, M.Pd menawarkan permainan ini dalam karya tulisnya yang berjudul “Pengembangan Media Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di Sekolah dari Bahan Kertas Bekas.”

“Jadi Monopoli ini bisa digunakan untuk berlatih keterampilan berbicara (Sprechfertigkeit), keterampilan membaca (Leseverstehen), tata bahasa (Strukturen) dan kosa kata (Wortschatz), serta budaya (Kulturkunde).” Jelas Ayu. Dalam permainan ini diperlukan lembaran untuk bermain. Lembaran monopoli terbuat dari kardus bekas yang dikreasikan. Disamping itu juga dibutuhkan dadu, pion dan kartu tugas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik.

Sebelum permainan dimulai, peserta didik diminta untuk membuat kelompok yang terdiri dari empat orang. Setiap kelompok mendapat satu dadu, satu pion  dan sejumlah tugas.

Lalu, setelahnya mereka dapat bermain monopoli dengan langkah sebagai berikut, setiap kelompok menentukan siapa yang akan bermain pertama kali, jika sudah pemain pertama melempar dadu dan melangkah atau menjalankan pionnya sesuai dengan jumlah titik dadu tersebut. “Ia juga harus menjawab pertanyaan atau perintah kerja dikotak tersebut terdapat nomor atau perintah dan jika benar, si pemain akan tetap dikotak tersebut, tetapi jika salah harus mundur satu kotak.” Jelas Ayu. Begitu pula untuk kelompok selanjutnya. Pion yang berada di tujuan (Ziel) paling awal adalah pemenangnya.

Tentu ada beberapa langkah yang harus dilalui saat membuat, di antaranya adalah (1) menyiapkan kardus dengan ukuran 30x20cm, (2) menempelkan 16 gambar di pinggir sekeliling kardus tersebut dan memberi nomor-nomor berurutan, (3) memberi bagian tengah aturan permainan, (4) terakhir, membuat daftar pertanyaan dari setiap nomor. Ayu dan Uwik berharap dengan adanya permainan seperti ini, anak-anak bisa lebih fun dalam belajar. “Diharapkan mereka lebih enjoy dengan belajar sambil bermain.”Bagaimana, mudah bukan? (Fitri Ananda/HumasFbs)

Bersambung………

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Schlange und Leiter untuk Belajar Bahasa Jerman Mengenal Permainan Kimspiel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

May 2013
M T W T F S S
« Dec    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: